Langsung ke konten utama

6 Tahun Rafflesia Motions "Memasyarakatkan Film dari Kota hingga Desa"

Hari ini, Jum’at 24 Agustus 2018 genap 6 tahun usia Rafflesia Motions sebuah Komunitas Film dan juga Rumah Produksi yang ada di Provinsi Bengkulu. Di usia yang ke-6 tahun ini Rafflesia motions akan hadir lebih dekat dengan masyarakat sesuai dengan salah satu misinya yaitu memasyarakatkan film.
Di usia yang memasuki 6 tahun ini Rafflesia Motions telah melahirkan sebuah karya film lokal Bengkulu yang tembus Lembaga Sensor Film Indonesia dan juga masuk Bioskop Cinema XXI , Film Gading, film fiksi yang mengangkat kisah lokal legenda Putri Gading Cempaka dengan Sutradara Sofian Rafflesia dan Produser Riri Damayanti ini mencatat sejarah baru sebagai film Bengkulu pertama yang tayang perdana di Bioskop Cinema XXI Bencoolen Kota Bengkulu pada 8 Maret 2018 dan ditonton lebih dari 800 orang masyarakat Bengkulu.
Saat ini Rafflesia Motions dengan Film Gading-nya sedang melanjutkan program Roadshow ke Kota hingga Desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Roadshow dengan konsep layar tancap dan juga nobar (nonton bareng) masyarakat ini lebih bertujuan untuk memasyarakatkan film sehingga kehadiran Rafflesia Motions di Bengkulu bisa dikenal luas dan juga lebih akrab sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Roadshow Perdana di Kota Bengkulu bertempat di RT 22 Kelurahan Medan Baru Kecamatan Pematang Gubernur pada hari Jum’at, 17 Agustus 2018, penayangan Film Gading berjalan sukses, warga RT 22 sungguh antusias menonton walau kondisi hujan dan mati lampu.
“Jempol kren buat Raflesia motion karya yang luar biasa. Walau kondisi hujan warga sangat antusias menonton film gading. Teruslah berkarya berprestasi dan berinovasi... Terima kasih kunjungannya di RT 22 Pematang Gubernur” begitulah pernyataan Ketua RT. 22 Medan Baru Bapak Muzanip Alperi ketika suguhan film gading mampu menghibur warganya.

Tak hanya di Kota, Roadshow Film Gading produksi Rafflesia Motions juga akan berlanjut di Desa, Warga Desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara sangat menanti kehadiran Film Gading, sehingga nanti tanggal 25 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB Film Gading akan tayang dengan konsep layar tancap di desa tersebut. Acara Nobar Film Gading di Desa Suka Makmur ini didukung oleh Pemerintah Desa Suka Makmur dan SMKN 10 Bengkulu Utara.
“Malam puncak peringatan HUT Rafflesia Motions yang ke-6 ini akan kita pusatkan di Desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara dengan menghadirkan Film Gading sehingga bisa ditonton beramai-ramai oleh warga desa” (Ketua Panitia Roadshow sekaligus Koordinator Komunitas Film Bengkulu Rafflesia Motions Dwi Aditya Nugraha).

Rafflesia Motions awalnya merupakan Komunitas Film Indie Bengkulu yang berdiri pada tanggal 24 Agustus 2012. Pada 2 Agustus 2016, Rafflesia Motions resmi menjadi CV. Rafflesia Motions Productions, sebuah rumah produksi yang bergerak di bidang jasa audio visual dengan nomor akta pendirian, No. 16 tanggal 2 Agustus 2016.
"Kita hadir di Bengkulu untuk berkarya demi memajukan Bengkulu di bidang audio visual atau sinematografi. Karya-karya kita yang unik dan ekspresif untuk memperkenalkan Bengkulu sekaligus mempromosikan Bengkulu lewat tayangan film pendek, fiksi maupun dokumenter. Di samping itu di Bengkulu sangat minim wadah atau ruang untuk mempresentasikan karya-karya film indie atau lokal sehingga Rafflesia Motions berinovasi membangun spirit kreativitas dan sekaligus menciptakan ruang-ruang apresiasi setiap tahunnya untuk para sineas lokal Bengkulu" (Pimpinan Rumah Produksi Rafflesia Motions Robby Fachru Rozie, A. Md, S.sn).

Apresiasi Film Pendek Bengkulu (AFPB) menjadi agenda besar tahunan yang digelar Rafflesia Motions, tahun ini memasuki musim ke-6 yang insha allah dijadwalkan pada bulan Desember 2018, Kegiatan ini dimaksud untuk memberikan kesempatan kepada para Sineas muda Bengkulu untuk menunjukkan karyanya, bersilaturahmi dan berbagi pengalaman dalam menuangkan karya-karya audio visual yang berbasis nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa. Selanjutnya untuk project produksi film, Rafflesia motions dalam waktu dekat akan membuat film petualangan anak yang berjudul Petualangan Fatma yang berkisah petualangan masa kecil yang indah penuh persahabatan, tetap memegang nilai kearifan budaya lokal Bengkulu dan mencintai lingkungan. Film ini juga memuat pesan-pesan tentang melestarikan alam serta semangat bersekolah.
Berbicara soal Visi dan Misi, Visi Rafflesia Motions yaitu menghasilkan karya audio visual yang orisinil untuk memperkaya budaya Indonesia, berkebebasan dalam berkarya, mengedepankan kemandirian, dan ikut andil dalam proses mencerdaskan bangsa, sedangkan Misi Rafflesia Motions :
1. mengedepankan kedisiplinan, jiwa kekeluargaan, dan manajemen dalam wadah organisasi.
2. memasyarakatkan film dan memfilmkan masyarakat,
3. wadah silaturahmi bagi para sineas film dan pemerhati perfilman,
4. turut andil dalam memajukan perfilman Indonesia,
5. membuat tayangan audio visual yang berkualitas,
6. berprestasi di bidang sinematografi.

Beberapa karya audio visual yang telah diproduksi Rafflesia Motions :
• Film Pendek Fiksi Edelweiss 2012
• Film Pendek Fiksi Junkiss 2 Long Beach
• Film Pendek Fiksi Bendera
• Film Pendek Fiksi Onthel Kakek Suryo
• Film Dokumenter Bumi Rafflesia
• TVC Hotel Santika Bengkulu
• Film Dokumenter Bhayangkari Penginspirasi Bengkulu Utara
• Video Liputan Pembukaan MUSDA DPD ASITA Bengkulu
• Video Liputan Tour ke Bengkulu KJK (Komunitas Jantung Koroner) Jakarta
• Video Liputan Kegiatan 250th Anniversary Conference Of CartervBoehm
• Film Pendek Fiksi Memorabilia 2016
• Film Pendek Fiksi Gading 2017/2018
• TVC Hotel Grage Bengkulum Dokumenter Lebong Tandai "Batavia Kecil di Bumi Rafflesia 2017
• Video Kemah Hijau Utara 2017
• Video Kolaborasi Gemufamire Polda Bengkulu 2017
• Video Tari Meumere HUT RI ke-72 bersama seluruh pejabat provinsi Bengkulu dan Kapolda Bengkulu di Balai Raya Semarak Bengkulu 2017
• Film Dokumenter Jelajah Kopi Akar 2017

Daftar Prestasi Rafflesia Motions :
• Peserta Jambore Film Pendek Bengkulu 2012 di Cibubur, Jakarta.
• Semi Finalis Eagle Award 2013, Harmoni Indonesia di Metro TV Jakarta, dengan judul film “Benteng Terakhir Seblat”.
• Menjadi Patner Lokal penyelenggara Road Show FFI 2014 di Bengkulu.
• Penghargaan Gubernur Bengkulu, Film “Bendera” dalam ajang Parade Film Pendek Bengkulu 2013 di Taman Budaya Bengkulu.
• Penghargaan Gubernur Bengkulu, Film “Onthel Kakek Suryo” dalam ajang Parade Film Pendek Bengkulu 2014 di Hotel Santika Bengkulu.
• Juara Terbaik 1 Festival Film Indie Bengkulu, Film “Onthel Kakek Suryo”, yang diselenggarakan oleh Teater Jengkal dan Kemendikbud, 2015.
• 3 Besar Nominasi Festival Film ACCFEST kategori Dokumenter Umum dengan Judul Film “Bumi Rafflesia” tahun 2015 di Bandung, Jawa Barat.
• Penghargaan Launching Film Dokumenter “Bumi Rafflesia” karya Robby Fachru Rozie oleh GM Hotel Santika & Rafflesia Motion, 27 Desember 2015 di Hotel Santika Bengkulu.
• Penghargaan Launching Film Pendek Fiksi “Memorabilia” karya Revaldy Novriansyah oleh Wakil Gubernur Bengkulu Bapak Rohidin Mersyah, 17 Desember 2016 di Hotel Santika Bengkulu
• Peserta Terbaik 3 (R. Arif Hidayat) Workshop Pengembangan Perfilman Tingkat Dasar Bidang Sinematografi Regional Jawa, yang diadakan Pusbang Film Kemdikbud RI, 16 s.d 22 Maret 2017 di Bojongsari Depok.
• Peserta Terbaik 1 (Bagas Rian Fatullah) Workshop Pengembangan Perfilman Tingkat Dasar Bidang Sinematografi Regional Sumatera yang diadakan Pusbang Film Kemdikbud RI, 19 s.d 25 Juli 2017 di Medan Sumatera Utara.
• Juara 1 tingkat Provinsi dan Nasional Film Dokumenter “Bhayangkari Penginspirasi”
• Juara Favorite Video Indikasi Geografis 2018 @djki.kemenkumham “Jelajah Kopi Akar”
• 20 Besar Shortmovie DCODE RTV 2018 (Film Gading)

Kontak CV. Rafflesia Motions Productions :
Jalan Sadang IV Blok H No. 01 Lingkar Barat Kec. Gading Cempaka Kota Bengkulu.
Email : rafflesiamotions@gmail.com,
IG : @RafflesiaMotions
FB : Rafflesia Motions
Youtube : Rafflesia Motions
Phone : 081377644363, 085664808941

Komentar

  1. Wah keren kak,,,terima kasih sudah menjadi inspirasi bagi kami, selamat dan sukses yah atas semua prestasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENGKULU, KOTA PUSAKA DI BIBIR SAMUDERA

Halooo sobat, tau kah kamu bahwa Bengkulu adalah salah satu kota pusaka yang ada di Indonesia ??? Apa saja sih warisan sejarah dan budaya Bengkulu, yuk simak catatan kecil ini,    1...2...3...cuss !!! Dahulu bengkulu memiliki Kerajaan-kerajaan kecil  (kerajaan sungai serut, kerajaan sungai lemau dll) yang dipengaruhi kerajaan-kerajaan besar seperti kerajaan  Makasar dan Kerajaan Banten (Jawa Barat) dan pada waktu itu mulai masuk pengaruh-pengaruh dari barat antara lain Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda. Pada waktu itu Bengkulu dipimpin oleh Raja-Raja kecil. Sekitar abad ke-17, Bengkulu berada ditengah-tengah persaingan berbagai kerajaan besar yaitu Kerajaan Aceh, Kerajaan Malaka, Kerajaan Makasar dan Kerajaan Banten. Waktu itu Bengkulu dibawah proteksi Kerajaan Banten sehingga dalam sistem pemerintahan di Bengkulu ada perwakilan Raja Banten yang di kenal dengan sebutan Jenang Banten. Jenang Banten berperan sebagai  penengah antara Pribumi Bengkulu dan Inggris. Jenang

Yuk Nonton Film Onthel Kakek Suryo di sini !

"KADANGKALA HIDUP ITU PERLU PENGORBANAN SESUATU YANG SANGAT BERHARGA" (Kakek Suryo) Siapa yang tak kenal sepeda onthel? Sepeda jaman dulu ini masih digemari hingga sekarang karena keklasikannya. Di samping itu, onthel turut mewarnai sejarah perjuangan bangsa ini. Onthel menjadi kenangan sejarah bagi sebagian orang. Kini, Keberadaan onthel sudah menjadi barang langka. Akibat kelangkaan ini, sepeda onthel menjadi barang antik dan klasik. Para pecinta onthel rela mengelurkan koceknya untuk berburu sepeda atau aksesorisnya. Karena kelangkaannya, sepeda onthel dan aksesorisnya pun menjadi barang mewah dan mahal. Pehobi onthel tidak melihat fungsi sepeda sebagai alat transportasi saja, tetapi onthel juga bisa menjadi barang mewah atau kesayangan. Nilai sepeda onthel bukan terletak pada seberapa mahal sebuah sepeda dan aksesorisnya, melainkan ada pada nilai sejarah dan kenangannya. Onthel bisa menjadi pengingat kepada penggunanya akan sejarah panjang perjuangan bangsa in

5 (LIMA) JENIS BUNGA RAFFLESIA YANG ADA DI PROVINSI BENGKULU

1. Rafflesia arnoldii Fotografer : Sofian Rafflesia Lokasi : Hutan Padang Capo Kabupaten Seluma Rafflesia arnoldi, bunga ini sangat populer, sangat banyak ditemukan di hutan Bengkulu, paling sering mekar di kawasan hutan Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah, Hutan Lindung Bukit Daun Kepahiang, Hutan Padang Capo Kab. Seluma, Hutan Padang Guci Kab. Kaur, dan di kawasan hutan Kab. Bengkulu Utara. Jenis ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bunga ini ditemukan oleh Sir Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold pada tahun 1818 di Lubuk Tapi, Desa Pulo Lebar, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Rafflesia arnoldi merupakan jenis terbesar di dunia dengan diameter 70-110 cm. Jenis ini juga dijuluki sebagai patma raksasa dan mendapat predikat sebagai puspa langka nasional melalui Keppres nomor 4 tahun 1993. 2. Rafflesia gadutensis Fotografer : Dani Umbara Lokasi : Hutan Lindung Boven Lais Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara Rafflesia gadutensis Meijer. Jenis ini dapa